Healthy Ramadhan Fasting Tips With Polytron

May 18, 2018

안녕하세요 여러분! Apa kabar, semuanya? Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ya, teman-teman. Wishing you a blessed Ramadhan! Beberapa minggu lalu, saya menghadiri sebuah acara "Healthy Plan For Ramadhan" bersama Womantalk dan Polytron. Acara yang sudah ditunggu kehadirannya, untuk menambah insight mempersiapkan Ramadhan tahun ini. 

MC, Ibu Jocevlyn Halim (Klinik Medifit), Ibu Diana dan Mbak Fifi Alvianto
Puasa, Detoksifikasi dan Pola Makan Sehat
Tentunya, kita sudah mengetahui banyak sekali keutamaan dan manfaat puasa di bulan Ramadhan. Salah satunya, yaitu manfaat puasa untuk kesehatan. Puasa, memberi kesempatan bagi lambung, pankreas dan liver untuk istirahat. Ketika organ tubuh beristirahat, tentu erat kaitannya dengan regenerasi. Ada proses tubuh memperbaiki bagian yang rusak. Saya pernah mendengar dari seorang konsultan saluran pencernaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan, "Berdasarkan penelitian di RSCM bahwa pada orang yang berpuasa terjadi penurunan free radical. Free radical itu artinya racun-racun." 

Hal senada juga dijelaskan oleh Ibu Jocevlyn Halim dan Ibu Diana di acara "Healthy Plan For Ramadhan", puasa dapat mengistirahatkan sistem pencernaan, mendetoks tubuh, meningkatkan sistem imun, menurunkan kadar insulin - gula darah - kolesterol dan trigliserida, membentuk pola makan yang sehat, serta membuat kerja hormon grelin lebih efektif. Grelin adalah hormon yang mengirim sinyal ke otak untuk meningkatkan nafsu makan pada saat tubuh lapar dan membutuhkan makanan. 

Pertanyaannya, apakah puasa kita selama ini memaksimalkan proses detoksifikasi atau sebaliknya? Apakah kita sudah menerapkan pola makan sehat saat berpuasa? Lalu, pola makan seperti apa yang sebaiknya dijalankan?. Nah, di acara "Healthy Plan For Ramadhan" Ibu Jocevlyn Halim memberikan beberapa tips pola makan sehat selama Ramadhan agar detoksifikasi  maksimal, tubuh tetap bugar dan sehat :

Pola Makan Ketika Sahur
Makan dengan gizi seimbang. Karbohidrat kompleks, protein nabati/hewani, serat buah dan sayur, serta air mineral. Batasi gula, garam dan minyak. Perbanyak asupan serat dari sayur dan buah-buahan. Usahakan makan sahur kurang lebih 30 menit sebelum waktu imsak. Hindari makanan pedas, asin, junk food, gorengan, dan minuman soda berkarbonasi. Makanan pedas dan berlemak tinggi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di perut. Makanan terlalu asin dan minuman bersoda dapat menimbulkan rasa haus dan dehidrasi.

Pola Makan Ketika Berbuka Puasa
Mulai dengan minum air mineral untuk mengembalikan cairan tubuh. Berbuka perlahan dengan porsi kecil makanan manis alami untuk menormalkan gula darah, seperti buah atau kurma. Hindari makanan dengan proses yang terlalu lama, artinya semakin singkat proses suatu makanan, semakin sedikit nutrisi yang hilang. Beri jarak 1,5 jam untuk makan utama agar perut siap mencerna makanan. Tidur 2-3 jam setelah makan. Hindari makan gorengan atau makanan berminyak dan makan dengan porsi berlebih. Makan berlebihan, lemak tinggi dan terlalu manis akan meningkatkan berat badan.

Mengkonsumsi 2 liter air per hari selama Ramadhan
Cara sederhana membaginya, yaitu 2 gelas saat berbuka puasa, 2 gelas setelah shalat tarawih, 2 gelas sebelum tidur dan 2 gelas saat sahur hingga imsak. Dengan meminum air mineral 8 gelas per hari, kita bisa mencegah tubuh terkena dehidrasi.

Beraktivitas fisik ringan atau non fisik agar tidak berfokus pada rasa lapar.
Malas bergerak, ini biasanya terjadi ketika libur atau weekend. Siasati dengan tetap olah raga ringan atau aktivitas lain seperti membaca Al Qur'an, membaca buku, menulis atau aktivitas lainnya.

Nah, masalah yang sering muncul adalah melemahnya komitmen di tengah perjalanan. Ini bagian tersulit, pemirsa! haha. Awalnya semangat dengan pola makan sehat, tetapi lama-lama jadi kendor. Iya, kan? Apalagi saat sahur, banyak diantara kita yang mulai malas dan merasa repot untuk memasak serta menyiapkan makanan sendiri, alhasil beralih ke sesuatu yang instan. Setuju, kan?

Picture by google
Food Prep : Mudah dan Menghemat Waktu 
Di acara ini, Mbak Fifi Alvianto seorang profesional blogger sekaligus Ibu rumah tangga tanpa ART, memberikan tips untuk para wanita, isteri sekaligus ibu agar memasak menjadi mudah, tanpa ribet dan tanpa drama.

Pernah mendengar food prep atau food preparationFood prep adalah menyiapkan semua bahan-bahan makanan yang akan digunakan untuk memasak dengan menyimpannya di dalam wadah berbeda supaya memudahkan saat ingin digunakan. Saya sudah menerapkan dan memang efektif. Misalnya kita belanja per tiga hari atau seminggu sekali, lalu semua belanjaan seperti sayur-sayuran, daging/ayam/ikan dan bumbu-bumbu dibersihkan, kemudian disimpan dalam wadah kedap udara. Selain membuat kulkas rapi, semua jadi lebih ter-organizeMbak Fifi Alvianto juga memberikan tips bagaimana menyimpan sayuran dan buah di kulkas supaya tetap segar :

Picture by google
Sortir sayuran sebelum disimpan. Buang bagian sayuran yang sudah menguning. Sisihkan sayuran yang masih segar untuk disimpan ke dalam kulkas. 

Cuci sayuran sebelum disimpan. Cuci seluruh bagian sayuran sampai bersih. Bisa gunakan sabun anti-bakteri/cuka apel/larutan garam untuk mencuci sayuran. Setelah selesai, keringkan sayuran dengan cara diangin-anginkan dan mengelap sayuran sampai benar-benar kering baru kemudian disimpan kembali di kulkas. Ini akan membuat sayuran tidak mudah busuk. Manfaat dari mencuci sayuran sebelum disimpan di kulkas adalah untuk menghilangkan bakteri yang dapat mempercepat proses pembusukan sayuran. 

Lapisi sayuran dengan kertas atau tisu dapur. Sayuran adalah bahan makanan yang cepat membusuk, terutama jika disimpan di tempat yang sangat lembab. Kertas atau tisu dapat mencegah suhu lembab dari kulkas untuk masuk ke dalam sayuran.

Pisahkan sayuran dengan buah-buahan. Mengapa demikian? buah-buahan dapat menghasilkan zat etilen yang akan mempercepat kematangan buah dan sayur sehingga proses pembusukan juga terjadi lebih cepat. Jika ingin sayuran bisa bertahan lama di dalam kulkas tanpa membusuk, simpan tanpa berdampingan langsung dengan buah-buahan.

Hindari memotong sayuran yang akan di simpan lama. Sayuran yang sudah dipotong-potong lebih mudah teroksidasi, kering dan membusuk dibanding sayuran yang disimpan dalam keadaan utuh. Jadi, memang sebaiknya kita menyimpan sayuran yang masih utuh meskipun sudah dicuci sebelumnya. Tapi, untuk bahan-bahan yang akan segera di proses kurang dari 12 jam, kita bisa memotongnya kemudian disimpan dalam wadah kedap udara. Jadi, saat sahur tinggal memasak saja.

Ada sayuran yang tidak bisa disimpan di dalam kulkas.Tomat jika disimpan di kulkas dapat menghambat proses pematangan dan cepat keriput. Daun kemangi juga tidak dapat disimpan di dalam kulkas, karena bisa menjadi layu dan tidak segar. Bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay juga lebih baik disimpan di luar kulkas, karena segala jenis bawang dapat menyerap kelembaban kulkas sehingga teksturnya menjadi lembek dan mudah berjamur. 

Tata sayuran sesuai jenis. Sayur berdaun hijau, seperti kangkung, sawi, dan bayam membutuhkan suhu dingin yang lebih stabil, sehingga tidak cepat layu. Adalagi sayuran dengan kadar air rendah, seperti wortel, kol, bunci, dan kacang panjang, serta sayuran dengan kadar air tinggi, seperti mentimun, cabai, terong, dan paprika. Dengan menyimpan sayuran di kulkas sesuai jenis dapat membuat sayuran tetap segar meskipun disimpan berhari-hari.

Picture by google
Sayuran sudah, lalu bagaimana daging ayam, sapi atau ikan? Berikut adalah beberapa tips untuk menyimpan daging di dalam kulkas:


Pilih daging yang segar.  Jika saat ditekan bingkas (balik ke bentuk semula), maka daging itu masih segar. Selain itu bisa dilihat dari warnanya yang tidak pucat serta aroma khas daging. Kalau kita ragu daging tidak segar, sebaiknya jangan disimpan terlalu lama dan langsung mengolahnya pada hari itu juga.

Cuci bersihCucilah daging/ayam/ikan pada air yang mengalir. Setelah dicuci, hindari meletakkan daging di tempat terbuka karena daging yang basah akan membuat kuman dan bakteri berkembang dengan baik. Sebiknya langsung simpan dalam freezer. Ada juga yang menyarankan untuk tidak dicuci, itu pilihan. Jika tidak dicuci, pastikan wrap daging dengan benar lalu simpan dalam freezer.

Jangan menyimpan daging dalam ukuran besarDengan cara ini, kita tidak perlu mencairkan seluruh bongkahan daging beku, cukup ambil sesuai kebutuhan, lakukan thawing, lalu dimasak.

Simpan dalam kondisi berbumbu atau marinasiMembumbui sebelum disimpan juga bisa membuat daging lebih tahan lama dibanding daging mentah biasa. Kita dapat membumbuinya dengan jeruk nipis, kunyit, bawang putih dan garam atau bumbu sesuai masakan kita. Bumbu-bumbu ini bersifat antibakteri sehingga akan memberikan sifat awet pada bahan makanan. Setelah dikeluarkan dari chiller/freezer, kita tinggal langsung menggoreng atau memasaknya. Mudah, cepat dan menghemat waktu, kan?

Bapak Sugiat Menjelaskan Keunggulan Belleza 3
Belleza 3 by Polytron
Makanan sehat berawal dari bahan-bahan yang berkualitas baik dengan penyimpanan yang benar. Di acara ini, Polytron juga sharing memberikan solusi, mendukung para wanita cerdas untuk tidak lelah menyuguhkan gizi terbaik demi keluarga tercinta dan menjadikan momentum Ramadhan untuk menjalani pola hidup sehat. Keren, ya!

Kehadiran Belleza 3, kulkas dua pintu keluaran terbaru dari Polytron di tengah-tengah talk show  ini memang sukses mencuri perhatian kami. Benar saja, banyak fitur berteknologi modern pada kulkas terbaru ini yang teruji mampu menjaga daya tahan makanan dan mempertahankan kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Waahh, mata kami berbinar-binar dibuatnya. Penasaran dengan keunggulan Belleza 3? Yuk, kita lihat : 

Picture by Polytron 
Menggunakan Lampu EDGE LED Lighting. Penggunaan lampu LED ini menghemat energi sampai dengan 70%, serta menghasilkan terang lebih lama dan merata. 

Zen Design, Picture by Polytron 
Tampilan desain yang lebih elegan dan mewah dengan bahan kaca tempered. Ada beberapa pilihan warna, diantaranya black-gold, silver, brown, purple dan blue.

Picture by Polytron 
Memiliki Shielded Moisture Compartment yang mampu mencegah udara luar masuk ke dalam wadah penyimpanan buah, sehingga buah tetap segar 2 kali lebih lama dan tidak cepat keriput. Belleza 3 ini memiliki kompartmen khusus untuk menyimpan buah-buahan dengan penyekat udara yang mencegah udara luar tidak masuk ke dalam.

Picture by Polytron 
Memiliki Humidity Control Crisper yang berfungsi sebagai pengatur tingkat kelembapan sehingga sayuran segar dua kali lebih lama tetap segar dan tidak cepat mengering.

Picture by Polytron 
Dilengkapi dengan Photocatalytic Deodorizer yang berfungsi untuk menyerap dan menetralkan bau tidak sedap. Terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang bisa dicuci dan digunakan kembali.

Picture by Polytron 
Smart Cooling System. Pengaturan fungsi defrost diatur otomatis sehingga lebih hemat energi. Sistem pengaturan suhu digital dengan sensor suhu yang presisi, sehingga menghasilkan proses pendinginan yang sangat akurat. 


Selain itu  Belleza 3 juga memiliki Dual Speed Freezing, kemampuan pendinginan super cepat karena dilengkapi dengan dual speed cooling. Pegangan kulkas didesain modern dan minimalis, menyatu dengan pintu. Menggunakan Refrigerant R600a yang ramah lingkungan. Bangganya lagi, ini adalah 100% produk buatan negeri sendiri. Keren! Harganya juga affordable. Kita pun tidak perlu khawatir, karena Polytron berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dengan memberi garansi 10 tahun untuk kompresor Belleza 3. Woow!



Satu lagi yang menarik, yaitu di bagian freezer. Ice twist dan shelf-nya bisa dilepas sesuai kebutuhan sehingga kapasitas freezer menjadi lebih besar. Well, sepertinya semua terjawab dengan hadirnya Belleza 3, bravo! Buat kamu-kamu yang sedang mencari kulkas untuk mempertahankan sayur dan buah-buahan, ini recommended!



Mbak Joanita Ary Menjelaskan Cara Membuat Chia Seed Pudding

Simple Healthy Snack

Ini adalah penutup acara Womantalk Class hari itu. Di sesi ini kita diberikan tips membuat healthy snack untuk sahur atau berbuka puasa. Mbak Joanita Ary owner  healthy catering berbagi resep membuat snack sehat, yaitu Chia Seed Pudding. Ini favorit banget! semenjak memulai clean eating beberapa tahun lalu, saya sering membuat menu ini sebagai breakfast. Simple dan sehat pastinya. Untuk membuat Chia Seed Puding hanya perlu menyiapkan beberapa bahan seperti : chia seed, homemade almond milk, pemanis alami (coconut nectar atau madu) kemudian buah sebagai topping. Caranya, tuang susu almond dalam gelas, masukkan satu-dua sendok chia seed, tambahkan madu, lalu aduk. Diamkan di dalam kulkas selama 2-3 jam atau over night. Chia seed akan mengental, lalu tambahkan buah sebagi topping. Saya biasa memblender chia seed terlebih dahulu sebelum digunakan, supaya lebih mudah dicerna. Kita juga bisa mengganti chia seed dengan rolled oat. Rasanya, enak! By the way, di sesi ini ada lomba menghias Chia Seed Pudding dengan buah sebagai topping,lho. Seru, ya!

Acara Womantalk Class ini bagus sekali. Suka! Materinya menarik, narasumbernya informatif, cafenya cozylunch-nya sehat dan enak! Terima kasih untuk Womantalk, Polytron dan Blogger Crony Community atas kesempatan yang diberikan. 

Yuk, jadikan Ramadhan ini sebagai momentum kita untuk kembali berbenah bukan hanya ruhiyah, tapi juga jasadiyah dengan menerapkan pola makan sehat. Memasak makanan untuk keluarga tercinta dengan gizi seimbang dan kaya nutrisi, supaya selama Ramadhan tubuh tetap sehat dan bugar. Apalagi dengan hadirnya Balleza 3, kulkas dengan teknologi terbaru yang teruji mampu menjaga daya tahan sayur, buah dan makanan sehat lainnya serta mempertahankan kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Kehadirannya Balleza 3, menjadi pelengkap peran para wanita Indonesia!

Sukses terus Womantalk dan Polytron! See you on next event!

You Might Also Like

3 comments

  1. Kulkas Belleza 3 dari Polytron ini emang keren ya inovasinya, jadi lebih hemat karena sayuran/buah terjaga kesegarannya so nda gampang layu dan busuk yes :)
    Jadi penegen punya Belleza 3 for my healthy lifestyle hehehe.

    ReplyDelete